Minggu, 01 Januari 2012

alternatif media tanam eksotis

Hidrogell – Alternatif media tanam eksotis

Menjual hidrogell lebih murah dan cepat sampai ke tangan anda
Bunganya koq tidak bisa tegak? Dua hari sebelum saya posting ini, saya menerima sms dari seorang pelanggan dari Kabupaten Banjar, Jawa Barat. Sms tersebut meminta saran kepada saya karena tanaman yang ditanam tidak bisa tegak.
Seperti kita ketahui, hidrogel bukanlah tanah sebenarnya, sehingga strukturnya juga tidak seperti tanah. Jika tanah dapat rapat dan memadat, maka hidrogel tentu saja tidak bisa seperti itu. Bahkan untuk hidrogel yang bulat, akan selalu ada ruang – ruang rongga udara di sela – sela hidrogel.
Oleh karena struktur seperti itu, hidrogel tidak bisa “menyangga” tanaman dengan begitu kuat seperti tanah sebenarnya.Solusinya adalah kita harus menyesuaikan jumlah hidrogel dengan besar dan tinggi tanaman. Semakin besar dan tinggi tanaman, maka kebutuhan hidrogel juga semakin banyak. Sebagai saran, paling tidak dalam satu pot membutuhkan hidrogel sekitar 2/3 tinggi tanaman, jika tanaman mempunyai tinggi 20 cm, paling tidak tinggi hidrogel dalam pot sekitar 12 – 14 cm. Dengan tinggi hidrogel tersebut, akan mampu menyangga tanaman dengan cukup baik dan tidak goyah.
Mudah bukan? hanya dengan menyesuaikan jumlah hidrogel, persoalan tersebut akan terselesaikan, bunga menjadi tegak dan tidak goyah, senyum kembali merekah.
Siapapun yang suka berkebun, tentu akan sangat menyukai bertanam dengan media hidroponik. tetapi bagi sebagian pemula, berkebun berarti kotor, berkebun berarti merusak tangan dan kemungkinan terjangkit kuman atau bakteri yang ada di tanah. Bahkan dengan media hidroponik sekalipun, misalnya arang, sekam padi, pasir, pakis, dan lain – lain,  kemungkinan kotor dan terjangkit kuman tetap saja ada, karena sebagian media tanam hidroponik juga kotor, walaupun tidak sekotor tanah.

Tetapi anggapan tersebut tentu akan sirna dengan sendirinya jika sudah mengenal dan tahu apa itu hidrogel. Hidrogel adalah media tanam hidroponik yang sangat bersih dan tidak akan menjadikan tangan kita kotor atau kasar.
Dengan tekstur hidrogel yang lembut, kenyal dan bersih akan membuat siapa saja yang suka berkebun akan jauh lebih suka lagi dalam bekebun. Bahkan berkebun bisa dilakukan di dalam rumah ! Sungguh sesuatu yang sebelumnya tidak disangka.

Kita bisa bebas berkreasi dengan “kebun dalam rumah” yang kita miliki, kita bisa tunjukkan pada semua orang, bagaimana rupa “kebun” kita tersebut. Jadikan orang lain terkejut dan terpana melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar